Sabtu, 20 Desember 2008

Perasaan Sedang Galau ? Obati Dengan Makan !!

Hidup itu penuh warna, kadang sedih atau gembira. Pada saat suasana hati sedang galau dan tak menentu, pasti efeknya akan berpengaruh pada keseluruhan aktifitas kita bahkan pola makan juga akan ikut terganggu. Menurut Elizabeth Sommer, pengarang buku Food and Mood, telah terbukti bahwa ada beberapa makanan yang dapat memberi efek positif pada kondisi jiwa dan raga yang sedang mengalami bad mood. Ingin tahu lebih banyak? Yuk, simak terus tulisan berikut ini:



Jika Anda merasa gelisah dan tertekan
Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serotonin (hormon penenang), seperti tortilla chip. Jika dirasa perlu, konsumsilah vitamin dan mineral untuk menyeimbangkan kadar kortisol dalam tubuh. Jauhi makanan kecil yang manis, cookies, dan gorengan.

Jika Anda merasa gagal dan putus asa
Segera jauhi permen manis dan minuman bersoda. Ambillah segenggam camilan berupa kacang-kacangan. Terbukti, makanan jenis kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kadar hormon dopamin dan dapat menstabilkan gula darah Anda.

Jika Anda sulit berkonsentrasi dan gampang lupa
Makanlah seafood, ikan salmon atau tuna panggang. Kandungan asam lemak dan omega 3 terdapat pada ikan tersebut, mampu membersihkan otak dari racun dan radikal bebas. Harap menjauhi burger, pizza, atau makanan lain yang berlemak. Karena kadar makanan berlemak hanya akan meningkatkan kadar gula darah dan serotonin penyebab hilangnya konsentrasi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar