Sabtu, 20 Desember 2008

Konsumsi Vitamin Berlebihan Tidak Selalu Aman

Walaupun vitamin sudah jelas sangat baik bagi kesehatan, namun penggunaannya harus sesuai dengan kebutuhan.

Seperti :

a.Kebanyakan mengkonsumsi vitamin A bisa menyebabkan rambut rontok, diare, penglihatan kabur, gatal - gatal, siklus haid tidak teratur, lekas capek, dan terjadi pembesaran hati.

b. Supaya vitamin A dapat diserap tubuh secara optimal, kita dianjurkan tidak bekerja berat secara fisik, selama 4 jam sesudah mengkonsumsi vitamin A tersebut.
c. Vitamin dosis tinggi boleh dikonsumsi sebagai tambahan obat jerawat accutane yang mengandung isotretionin.

d. Dosis tinggi vitamin B1 (Tiamin) dapat menggunakan produksi insulin dan tiroid. Dalam kondisi ini, vitamin B1 dosis tinggi juga dapat meniadakan khasiat vitamin - vitamin B lainnya.

e. Dosis tinggi vitamin B2 (Riboflamin) dapat menyebabkan orang tidak tahan terhadap terik matahari.

f. Dosis berlebihan Choline (salah satu anggota B kompleks) dalam jangka panjang menyebabkan kekurangan vitamin B6 (piridoksin:pencegah kekejangan otot waktu malam, kejang kaki, kebaalan tangan).

g. Vitamin C dapat mengubah hasil tes kadar gula darah. Karena itu mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi harus dihentikan kalau kita hendak memeriksakan darah.

h. Vitamin C dosis tinggi dapat menyepu bersih vitamin B (kobalamin) dan asam folat. i. Pepaya dan nanas segar sebagai sumber vitamin A dan C tidak baik di konsumsi oleh orang yang lambungnya sedang meradang.

j. Karena vitamin D mendorong penyerapan kapur, maka kelebihan vitamin D yang ditimbun dalam tubuh dapat meningkatkan kapur dalam darah.

k. Vitamin E harus dipakai secara hati - hati oleh mereka yang bertekanan darah tinggi, penderita diabetes dan rematik jantung.

l. Vitamin E dosis tinggi justru akan memperburuk keadaan jantung pada penderita rematik jantung yang sudah tidak seimbang lagi antara bilik kiri dan bilik kanan.

m. Vitamin K dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah dan anemia.

n. Susu yang ditambah vitamin D sintesis, bisa menurunkan kadar magnesium dalam tubuh.

Sumber: Majalah HerbaWanita.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar