Rabu, 17 Desember 2008

Meminimalkan Kesalahan Kerja

Kesalahan seperti lupa meletakkan dokumen penting, menghilangkan file di komputer, salah menghubungi klien, salah kirim email, merupakan beberapa kesalahan yang terjadi akibat kecerobohan. Selebihnya, kesalahan yang kerap terjadi di kantor disebabkan karena sistem kerja Anda tidak sempurna dan kurangnya koordinasi. Tidak atau belum menguasai pekerjaan dengan baik juga bisa menjadi pemicu terjadinya berbagai kesalahan di kantor. Selain itu konsentrasi yang terpecah-pecah juga bisa menimbulkan kesalahan.

Untuk meminimalkan kesalahan yang akan terjadi, coba simak

kiatnya berikut ini:

- Sempurnakan sistem kerja
Sistem kerja yang lebih teratur akan menghindari Anda dari kesalahan-kesalahan bodoh. Jadi perbaiki sistem kerja Anda. Buatlah urutan kerja yang jelas, saat Anda baru tiba di kantor sampai Anda beranjak pulang. Hal ini akan meminimalkan kesalahan yang akan terjadi.

- Lakukan koordinasi
Koordinasikan pekerjaan Anda dengan atasan dan rekan. Apalagi jika Anda berada dalam satu tim. Koordinasi ini mutlak Anda lakukan. Sehingga semua mengetahui dan memahami tugas masing-masing dan tidak terjadi kesalahpahaman.

- Asah ketrampilan dan kemampuan kerja
Dengan kemampuan dan ketrampilan yang maksimal, Anda akan lebih menguasai pekerjaan. Sehingga berbagai kesalahan yang mungkin terjadi dapat diantisipasi.

- Tingkatkan konsentrasi
Konsentrasi yang terpecah belah bisa dipastikan sangat mengganggu kinerja Anda. Tanpa konsentrasi Anda akan lebih mudah melakukan kesalahan. Maka saat jam kerja, fokuskan pikiran Anda hanya pada kerjaan. Enyahkan pikiran-pikiran lain yang mengganggu.

- Hindari stres
Bekerja dalam keadaan stres merupakan penyebab utama terjadinya kesalahan. Maka jika Anda stres karena dililit berbagai masalah, selesaikan dulu masalah Anda. Hati dan pikiran yang tenang akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selebihnya tentu Anda memiliki kiat dan akal tersendiri untuk menimalkan atau menghindari kesalahan yang bisa saja terjadi. Pada dasarnya jika Anda serius dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas, kesalahan sekecil apapun bisa Anda hindari. Sukses untuk Anda...!

www.astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar